nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendapatkan apresiasi sebagai salah satu tokoh penggerak ekonomi digital dari Kata Data, sebuah perusahaan media online dan riset di bidang ekonomi dan bisnis. Penghargaan diberikan pada acara ulang tahun Kata Data ke-6 yang mengusung tema “Transformasi Indonesia Menuju Raksasa Ekonomi Digital” di Jakarta, kemarin.

Menkeu memperoleh apresiasi tersebut berdasarkan lima pertimbangan. Pertama, memberikan insentif dan kemudahan perpajakan bagi pelaku industri digital. Kedua, mengalokasikan anggaran pembangunan jaringan pita lebar di Indonesia. Ketiga, meningkatkan anggaran pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar mengikuti perkembangan teknologi. Keempat, Menkeu dinilai responsif terhadap kemajuan ekonomi digital, termasuk aktif mengajak birokrat melek teknologi. Kelima, progresif dalam komunikasi publik melalui platform baru media sosial, seperti Vlog, Facebook Live, dan InstaStory. 

Selain Menkeu, penghargaan yang sama juga diberikan kepada dua pejabat negara lainnya, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Sedangkan dari sektor swasta, tiga perusahaan start up juga memperoleh penghargaan tersebut yaitu Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia. (p/ab)